Modul- Modul pada Enterprise Resource Planning

Nama                                       :  Ni Luh Putu Giri Gita Saraswati

NIM                                           : 1605551102

Mata Kuliah                           : Enterprise Resource Planning

Dosen                                      : I Putu Agus Eka Pratama ST.,MT.

Jurusan/Fakultas/Universitas   : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana

     Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi terintegrasi yang dapat mengakomodasikan kebutuhan- kebutuhan sistem informasi secara terperinci untuk unit- unit yang berbeda pada suatu perusahaan. ERP Terdiri dari bermacam- macam modul yang disediakan untuk berbagai kebutuhan dalam suatu perusahaan, mulai dari dari modul untuk proses distribusi sampai modul yang menangani masalah keuangan perusahaan. Secara umum ERP memiliki tiga modul utama yang biasanya dimiliki oleh perusahaan, yakni:

  1. Operasi

     Modul Operasi biasanya menangani proses- proses operasional dasar pada ERP seperti pada Dashboard, web portal, email, manufaktur, distribusi, produksi, pemasaran, dan lain- lain.

  1. Finansial dan Akuntansi

     Modul finansial dan akuntansi menangani bagian finansial dan akuntansi sebuah perusahaan terkait dengan keuangan. Misalnya menangani pembayaran hutang, pajak, kredit, pembuatan laporan keuangan sampai pada pembuatan anggaran belanja perusahaan.

  1. Sumber Daya Manusia

     Modul SDM menangani bagian manajemen sumber daya manusia atau Human Resource Management (HRM). Misalnya pembuatan jadwal kerja, perekrutan pegawai, perhitungan gaji dan bonus, dan lain- lain.

            Ketiga modul utama ini tidak harus berada didalam satu sistem ERP, namun harus bera pada satu database terpusat. Hal ini akan memudahkan penggunaan satu data terpusat. Dalam pengimlementasiannya, ketiga modul utama ini dibagi menjadi 5 jenis sistem informasi yang telah terintegrasi ke dalam sistem ERP yakni: Human Resource Management (HRM), Finansial Resource Management (FRM), Supply Chain Management (SCM), Manufacturing Resource Planning (MRP), Customer Relationship Management (CRM).

  1. Human Resource Management (HRM)

     Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan asset terbesar dalam suatu perusahaan. Hal ini karena tanpa adanya SDMmaka semua pekerjaan muai dari menganalisis data, penentuan strategi sampi pada pengambilan keputusan akan mengalami masalah. Oleh sebab itu SDM perlu dikelola dengan baik dan terukur mulai dari perekrutan, penjawalan, penggajian, manajemen tugas, bonus dan kompensasi, serta kebutuhan tenaga kerja dan lain-lain. Dengan adanya sistem modul HRM,permasalahan dan penataan SDM perusahaan dapat berjalan dengan baik dan teratur. HRM dapat hadir sebagai sebuah modul atau sistem ERP atau sistem informasi terpisah (SI yang memiliki database yang terintegrasi dengan ERP). Sub- sub modul HRM meliputi Personnel Management, Personnel Time Management, Payroll, Training and Event Management, Organizational Management, Travel Management.

  1. Finansial Resource Management (FRM)

     Modul Finansial Resource Management (FRM) berfungsi untuk mengumpulkan dan mengelola seluruh data finansial perusahaan mulai dari data penjualan,pembelian, sampai pada pembayaran hutang perusahaan,sehingga mampu menyajikan laporan hasil elasi data yang berasal dari beberapa departemen atau unit perusahaan yang bersangkutan. Sebuah perusahaan akan sukses (mencapai tujuan perusahaan) apabila dapat mengelola manajemen finansial perusahaan  dengan baik. Sub- sub modulnya meliputi : General Accounting, Financial Accounting, Controling, Invesment Management, Treasury, dan Enterprise Controlling.

  1. Supply Chain Management (SCM)

     Modul Supply Chain Management (SCM) berfungsi membantu melakukan efektifitas dan efisiensi dari suppliers, manufacturers, warehouse dan stores untuk kepentingan perusahaan. SCM merupakan focus terakhir dalam pengembangan ERP menyangkut pada proses perencanaan, optimalisasi penyimpanan, penggunaan logistik, membantu dalam memperbaiki prediksi permintaan serta efisiensi bagi perusahaan. Sub- sub modulnya meliputi : General Logistics, Sales and Distribution, Materials Management, Logistics Execution, Quality Management, Plant Maintenance, Customer Service, Production Planning and Control, Project System, Environment Management.

 

  1. Manufacturing Resource Planning (MRP)

     Modul Manufacturing Resource Planning (MRP) merupakan mpdul yang melingkupi faktor tambahan meliputi perencanaan jangka panjang, master schedulling, rough cut capacity planning, dan shoop floor control. Umumnya perusahaan industri dan manufaktur akan menerapkan modul ini pada ERP perusahaannya, sehingga MRP wajib tersedia untuk menunjang jalannya proses bisnis perusahaan yang bergerak dibidang industri dan manufaktur.

  1. Customer Relationship Management (CRM).

     Modul Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah unit/sistem informasi yang terintegrasi dengan ERP, yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitasaktivitas pra penjualan dan pasca penjualan pada perusahaan. CRM mengoperasikan semua aspek yang berhubungan dengan pelanggan baik calon pelanggan maupun pelanggan saat ini. Aspek- aspeknya dapat berupa pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).

tugas_2

     Sistem informasi atau modul-modul ini dapat dibagi atau dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan pengguna atau perusahaan. Dalam kasus lain dapat ditambahkan Data Warehouse (DW), Business Intelligence (BI), Knowledge Management (KM), Poin of Sales (POS), dan lain-lain.

Referensi:

  1. Dhewanto, Wawan, Falahah. Enterprise Resource Planning : Menyelaraskan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis. Penerbit Informatika. Bandung. 2007.
  2. Portougal, Victor, Sundaram, David. Business Processes : Operational Solutions for SAP Implementation. IRM Press. London. 2007.
  3. Wallace, Thomas F, Kremzar, Michael H. ERP Making It Happens The Implementer’s Guide to Success With Enterprise Resource Planning. John Wiley & Sons. New York. 2001.

Tinggalkan komentar